Belajar 3d printing bahan abs



Belajar mencetak kotak dengan printer 3D, Kali ini saya ingin berbagi pengalaman pahit selama mencetak dengan bahan ABS, Bahan ABS terkenal lebih kuat di banding dengan PLA namun tekniknya lebih sulit dibanding PLA.

Beberapa kegagalan yang sering terjadi :
  • Bagian sudut bawah seperti tertarik keatas, ini disebabkan karena suhu yang kurang sesuai antara permukaan bawah, tengah dan bagian atas yang akibatnya membuat ABS mengkerut.
  • Jika suhu nozzle terlalu rendah maha akan membuat struktur kurang kuat.
  • Jika suhu nozzle terlalu tinggi akan menimbulkan gelembung atau permukaan dinding tidak rata.
  • Jika BED tidak menggunakan perekat tambahan maka biasanya model akan mudah bergeser dan terlepas dari printing bed.


Gambar ini menjukkan bahwa permukaan tidak rata karena ABS cenderung mengkerut keatas.

Gambar no 2 menunjukkan suhu nozzle terlalu tinggi.

Kesimpulan yang bisa saya ambil yaitu untuk mencetak dengan bahan ABS perlu suhu yang stabil, biasanya bed temperatur 80℃ sampai 100℃ dan suhu nozzle 235℃, itupun belum cukup perlu tambahan lem untuk merekatkan model supaya melekat kuat pada bed.

Perlu penutup pada printer dikarenakan biasanya suhu bagian tengah model mudah turun dan yang panas hanya bagian bed dan bagian atas, Perlu juga perekat tambahan pada bagian bed. Silahkan ber experimen sendiri.

Terima kasih